2015-10-21: WRTG: NYMEX Light Sweet Crude: $45.89 (-1.37)
2015-10-21: WRTG: ICE Brent: $48.61 (-1.85)
2015-10-21: WRTG: RBOB Gasoline NY Harbor: $1.2514 (-0.0766)
2015-10-21: WRTG: Heating Oil NY Harbor: $1.4491 (-0.0475)
2015-10-21: WRTG: NYMEX Natural Gas: $2.442 (0.012)
2016-02-11: OPEC: Daily Basket Price: $25.21
Rabu, 17 Januari 2018

Berita

LISTRIK

Kini, Sistem Kelistrikan Sulutgo Surplus 70 MW

MANADO – Beroperasinya sejumlah pembangkit termasuk kapal pembangkit Marine Vessel Power Plant ( MVPP) Zeynep Sultan meningkatkan daya mampu pembangkit menjadi 395 MW atau ada kelebihan daya sekitar 70 MW dari total kebutuhan sistem kelistrikan Sulutgo saat ini rata-rata mencapai 325 MW.

“Setelah sempat mengalami defisit, akhirnya kami berhasil mengatasi kekurangan daya pasok listrik tersebut  dengan masuknya dua pembangkit kami yang baru, yakni MVPP dan PLTG Gorontalo Peaker. dimana saat ini telah terdapat cadangan pasokan daya pembangkit listrik yang cukup, maka PLN telah siap untuk membantu Pemerintah Daerah di kedua Provinsi tersebut dalam upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,dan tentunya dengan adanya pasokan listrik ini, kami berharap bisa memenuhi seluruh kebutuhan akan listrik masyarakat Sulutgo termasuk memenuhi permintaan sambungan baru”  Ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, Machnizon Masri. Minggu (20/3).

Tambahan pasokan listrik Sistem Kelistrikan Sulutgo berasal dari beroperasinya sejumlah pembangkit listrik, diantaranya Marine Vessel Power Plant ( MVPP) Zeynep Sultan di Amurang, Sulawesi Utara dengan kemampuan pasok hingga mencapai 120 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Engine ( PLTG) Gorontalo Peaker dengan kapasitas mampu 100 MW.

Beban listrik pada sistem kelistrikan Sulutgo saat ini rata-rata mencapai 325 MW sedangkan daya mampu pembangkit saat ini 395 MW atau ada kelebihan daya sekitar 70 MW, cadangan daya ini akan ditambah dari masuknya pasokan listrik dari PLTG Gorontalo peaker sebesar 100 MW, atau dengan kata lain sistem kelistrikan Sulutgo akan memiliki cadangan daya sekitar 170 MW yang terhubung dalam sistem interkoneksi transmisi 150 kilo Volt (kV).

Menjawab kebutuhan akan listrik masyarakat Sulawesi Utara dan Gorontalo yang semakin tinggi,serta dalam rangka untuk mendukung program Pemerintah Daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kedua Provinsi tersebut. 

Pemerintah cq. PT PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan pasokan listrik dengan menjamin suplai aman.
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh PLN dalam mengatasi permasalahan listrik di daerahnya.

“Upaya PLN dalam mengatasi pemadaman bergilir karena kekurangan pasokan listrik dari pembangkit di Sulawesi Utara patut untuk diapresiasi. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berharap agar PLN dapat turut serta dalam mensukseskan program-program pembangunan yang menjadi fokus Pemerintah diantaranya menumbuhkan investasi untuk kegiatan ekonomi produktif serta memberikan layanan listrik untuk menjangkau masyarakat di sejumlah daerah yang belum menikmati layanan listrik” sebut Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Olly menambahkan,  pemerintah daerah mendukung sepenuhnya upaya PLN dalam melakukan pembangunan infrastuktur kelistrikan serta berjanji akan membantu  jika ada hambatan terkait peningkatan infrastruktur kelistrikan, maka bisa dikomunikasikan dengan Pemda setempat untuk pemecahan permasalahannya.

Senada dengan hal tersebut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, bersyukur dengan capaian PLN dalam upaya pemenuhan pasokan listrik di daerahnya, namun demikian, masyarakat juga diminta faham jika sewaktu-waktu ada pemadaman yang diakibatkan oleh pemeliharaan  pembangkit  atau  pemeliharaan jaringan distribusi seperti Trafo yang melayani pelanggan serta pemadaman  akibat gangguan faktor alam.

“Meski daya pasok listrik saat ini aman, agaknya kita juga harus memahami jika nantinya PLN membutuhkan waktu untuk melakukan perawatan infrastuktur kelistrikannya, hal ini dilakukan guna kesinambungan pasokan listrik untuk seluruh masyarakat” Tutur Rusli Habibie.

Ketersediaan listrik yang aman di Sulutgo, diharapkan akan mampu menarik investor dan mendorong geliat perekonomian masyarakat. (SF)

PDFCetakE-mail